Turbin Angin Vertikal

Angin memiliki potensi yang besar sebagai sumber energi alternatif dalam menghasilkan listrik. Namun sayangnya masih banyak kendala dalam memanfaatkan angin sebagai sumber energi. Kecepatan dan kekuatan angin bersifat dinamis sehingga tidak selalu ada setiap saat, padahal teknologi turbin (kincir angin) yang ada saat ini membutuhkan angin dalam besaran minimal tertentu untuk dapat mulai berputar. Turbin angin membutuhkan lahan dan ruang yang luas sehingga pembangunan turbin hanya dapat dilakukan di lokasi yang jauh dari pemukiman. Untuk mendapatkan angin dalam kecepatan yang cukup tinggi, turbin memiliki bentuk bangunan yang besar dan tinggi. Selain itu, struktur turbin juga membutuhkan pondasi yang kuat untuk menopang pergerakan baling-baling sehingga pembangunan turbin menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

McCamley UK Ltd baru-baru ini memasang sebuah prototipe turbin angin vertikal di Keele University Science and Bussiness Park, London. Prototipe yang diberi nama MT01 tersebut diklaim dapat  mulai mulai berputar pada angin dengan kecepatan 1,8 m/s. Oleh karena itu prototipe ini dapat digunakan di lokasi dengan kecepatan angin yang tidak begitu tinggi.

Bentuknya yang ergonomis tidak membutuhkan ruang yang besar, sehingga cocok untuk digunakan di area perkotaan - BusinessGreen

McCamley membutuhkan waktu selama 30 tahun dalam mengerjakan prototipe MT01 untuk mencari bahan dan desain yang efektif sehingga dapat dibangun di daerah perkotaan. MT01 dibuat dari bahan yang ringan sehingga tidak membutuhkan struktur penopang yang besar seperti turbin yang ada saat ini. Selain itu, desain multi-leg dan kecepatan awal (1,8 m/s) yang rendah juga membuat prototipe MT01 dapat dipasang pada atap gedung karena tekanan yang dihasilkan dari perputaran tubin dapat dikurangi.

Untuk saat ini, dengan kecepatan rata-rata angin sebsesar 12 m/s, prototipe MT01 baru mampu menghasilkan daya sebesar 1 KW. Meskipun demikian, pihak McCamley yakin desain prototipe MT01 dapat dioptimasi hingga mampu menghasilkan daya sebesar 12 KW dengan kecepatan angin yang sama. Dr Scott Elliot, CEO dari McCamley UK Ltd yakin dengan hasil yang ditunjukkan prototipe yang dibangun di Keele University dan juga sebelumnya di kota Lyaskovets, Bulgaria, McCamley dapat mengembangkan prototipe turbin angin vertikal yang mampu menghasilkan daya sampai dengan 1 MW.

“We’re pleased to be bringing our prototype to the UK for the first time. Wind energy has huge potential in the UK, but the traditional wind farm models are just not effective and are certainly not suitable for urban environments. This leaves a huge gap in the market where businesses, residential blocks and other organisations could be benefiting from clean energy. We believe that this design has the potential to be the new face of wind energy and is completely scalable, from 12kW designs to larger megawatt designs,” Dr Scott Elliott – ClickGreen

Prototipe MT01 dirancang untuk menghasilkan energi yang bersih sehingga tidak menghasilkan polusi yang dapat mencemari lingkungan. Desain turbin yang bersifat flat-pack memudahkan pemasangan turbin di area perkotaan, sehingga ke depannya diharapkan teknologi turbin angin vertikal dapat membantu mengurangi kebutuhan akan sumber energi yang berasal dari bahan bakar fosil.

Desain multi-leg dan bahan yang ringan membuat turbin dapat dipasang di atap gedung – McCamley

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s