Green School : Modifikasi Sistem Edukasi

Green School, Ubud, Bali

Green School, Bali – Design and Project

Green School merupakan institusi pendidikan yang dibuka sejak tahun 2008 lalu dan berlokasi di sebelah selatan Ubud, Bali. Kedua pendirinya, John dan Cynthia Hardy yang tampaknya dapat dikategorikan sebagai seniman dan pebisnis ini telah tinggal di Bali lebih dari 30 tahun sebelum kemudian berkolaborasi mendirikan sesuatu yang inspirasional, sebuah lembaga pendidikan diluar batasan struktur, konsep dan fisik dari sekolah-sekolah pada umumnya.

Desain bangunan sekolah yang seluruhnya terbuat dari bambu seperti menyatakan modifikasi sistem edukasi yang diterapkan disana. Selain mengajarkan ilmu dasar seperti membaca, menulis, matematika dan sains, sekolah ini juga mengenalkan konsep alam seperti ekologi dan konsep lingkungan berkelanjutan. Peserta didik diharapkan dapat memahami dan menjunjung tinggi alam, budaya dan kesenian lokal.

Kurikulum disusun dengan mengkombinasikan aspek dasar akademik yang diharapkan oleh sekolah atau institusi pendidikan yang lebih tinggi, pendidikan lingkungan dan seni kreatif. Melalui kurikulum yang tetap berpegang pada ilmu dasar seperti Bahasa, Matematika dan Sains, peserta didik memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan atau memiliki karir apapun yang dipilihnya di kemudian hari.

Kurikulum hijau yang diterapkan di sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan penghargaan dan pemahaman generasi muda kepada alam, meningkatkan kesadaran lingkungan dan pemahaman nilai ekologi. Dalam kurikulum ini dipelajari praktek permakultur, yaitu integrasi antara manusia dan alam yang menyediakan makanan, shelter, energi, dan pemanfaatam bermacam material dan non-material yang dibutuhkan secara berkelanjutan. Bagian dari pendidikan dengan kurikulum hijau ini mencakup kebun pangan, sistem akuatik, teknologi, kesadaran akan limbah, penggunaan air, sistem kerja, agrikultur, kepedulian terhadap hewan, komunitas lokal dan pemanfaatan sumber daya lokal terbaharui.

Seperti pendidikan agama yang telah banyak bentuk integrasinya dalam sistem pendidikan formal akademik Indonesia, pendidikan lingkungan dan kebudayaan yang terintegrasi merupakan suatu inovasi positif  dalam sistem edukasi bangsa ini.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s