Kalimantan Utara : Potensi Provinsi Termuda di Indonesia

Pesona Arung Jeram di Kalimantan Utara – Kaltara News

Di antara anda mungkin masih asing dengan provinsi yang baru resmi disahkan pada tanggal 25 Oktober 2012 ini. Namun bagi sebagian orang yang kerap mengunjungi Pulau Kalimantan, terutama Kalimantan Timur, tentu kenal dengan provinsi termuda di Indonesia ini.

Kalimantan Utara (Kaltara) secara geografis merupakan pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di bagian utara yang terdiri dari enam kabupaten/kota: Kabupaten Berau, Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, dan Kabupaten Tana Tidung. Kaltara memiliki luas 71.177,20 km2 dengan penduduk sebanyak 416.988 jiwa. Wilayah ini langsung berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dengan beberapa pos lintas batas yang sebagian besar berada di Kabupaten Nunukan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Pulau Kalimantan merupakan salah satu aset negara mengingat potensi sumber daya alamnya yang tinggi terutama minyak, gas, dan mineral. Tidak terkecuali Kaltara. Terletak di wilayah strategis segitiga Indonesia-Malaysia- Filipina, potensi laut di wilayah provinsi Kaltara sangat menjanjikan. Terlebih lagi, wilayah ini memiliki sebagian kawasan Ambalat yang diperkirakan kaya akan potensi minyak dan gas.

“Satu titik tambang di Ambalat menyimpan cadangan potensi 764 juta barel minyak dan 1,4 triliun kaki kubik gas.”
-Kaltara News

Itu belum termasuk potensi perikanan dan wisata laut. Jika kedua potensi ini dikelola dengan efektif, akan dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk Kaltara.

Dari sektor kehutanan, wilayah Kaltara memiliki luas hutan sebesarĀ 7.855.168 ha yang berpotensi menghasilkan kayu alam dan berbagai produk hutan lainnya. Tidak hanya dari sisi ekonomis, hutan-hutan Kaltara yang masih alami dan perawan, terutama di wilayah Kabupaten Nunukan, banyak menjadi sasaran objek penelitian oleh berbagai institusi dari dalam dan luar negeri. Tak jarang hasil penelitian tersebut dipublikasikan melalui jurnal internasional yang juga akan mengangkat nama Kaltara sebagai provinsi dengan kekayaan alam yang melimpah.

Melimpahnya sumber daya alam di Kaltara tentu tidak serta merta membuat pemerintah lokal berpangku tangan. Inilah tantangan sesungguhnya bagi pemerintah lokal untuk mengelola potensi wilayahnya secara adil dan efektif. Setidaknya dalam beberapa bulan ke depan, jajaran pemerintahan Kaltara sudah dapat terpilih dan dilantik.

Tentu masyarakat Indonesia mendukung sepenuhnya atas kelahiran provinsi ke-34 ini, namun lebih dari itu masyarakat berharap bahwa kehadiran Kaltara dapat memberi angin segar dan teladan bagi provinsi-provinsi lain terutama dalam mengelola sumber daya alamnya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s