Ombak San Diego ‘Menyala’ di Malam Hari

Pemandangan dari pantai San Diego di malam hari – KQED News

Pada September 2011, warga San Diego digemparkan dengan pemandangan yang tidak lazim. Saat malam tiba, ombak di pesisir Seagrove Park, Del Mar California, mengeluarkan warna biru neon! Fenomena alam yang unik ini berhasil meningkatkan daya tarik pengunjung pantai, terutama kaum surfer yang semakin banyak melakukan aktivitas berselancar di malam hari.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Para peneliti di University of California San Diego menduga bahwa fenomena ini diakibatkan oleh alga merah Lingulodinium polyedrum. Alga ini diketahui mengalami eutrofikasi sejak akhir Agustus 2011.

Peter Franks dari University of California San Diego menjelaskan bahwa warna biru neon dari alga diakibatkan dari proses metabolisme tertentu. “When billions and billions of cells are jostled – say, by a breaking wave – you get a seriously spectacular flash of light.” kata Franks dalam Deep Sea News.

Walaupun ombak glow-in-the-dark sedap dipandang, eutrofikasi merupakan indikator ekosistem yang tidak sehat. Populasi alga yang berlebih dapat mengakibatkan kematian pada organisme lain seperti ikan, tiram dan lain-lain. Kematian umumnya dikarenakan konsumsi dissolved oxygen didominasi oleh alga. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, ammonia yang dihasilkan alga merah dapat terakumulasi pada organisme-organisme konsumen. Bahkan, dinas kesehatan masyarakat setempat melaporkan adanya penderitaan iritasi mata oleh pengunjung pantai.

Menurut Gregg Langlois, ahli lingkungan setempat, dinas kesehatan masyarakat California memiliki agenda karantina tahunan untuk seluruh pantai di California. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya gangguan alam serta menjaga nilai ekonomi dari pantai-pantai tersebut.

Penyebab eutrofikasi oleh Lingulodinium polyedrum belum diketahui. Akan tetapi, fenomena ini menjadi informasi baru bahwa ombak neon dan psychedelic merupakan indikator ekosistem yang buruk.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s