Solarkiosk : Kios Fleksibel yang Ramah Energi

Energi matahari disimpan melalui panel surya yang terpasang di atap kios, kemudian digunakan kembali sebagai sumber energi untuk penerangan di malam hari – Solarkiosk

Energi menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh negara-negara berkembang. Penggunaan petromaks dan generator diesel sebagai sumber penerangan masih banyak dilakukan dilakukan di negara berkembang, terutama di daerah dengan kondisi geografis yang menyebabkan sulitnya pembangunan jaringan listrik hingga ke sana. Padahal, minyak tanah dan diesel adalah salah satu sumber energi yang mahal dan juga dapat menghasilkan zat-zat yang berbahaya dan beracun.

Solarkiosk MgbH yang berlokasi di Jerman bekerjasama dengan Graft mengerjakan sebuah proyek ramah energi yang disebut dengan solarkiosk. Solarkiosk adalah sebuah kios bongkar pasang yang dilengkapi panel surya sebagai sumber energi. Proyek solarkiosk dirancang dengan tujuan menyediakan kios yang mudah berpindah dan dapat diongkar pasang sehingga dapat menjangkau daerah-daerah terpencil yang sulit dicapai dengan menggunakan alat transportasi standar. Struktur kios ini dirancang agar bagian-bagian penyusunnya dapat diganti dengan benda-benda yang ada di sekitar lokasi sehingga tidak menyulitkan jika sewaktu-waktu ada bagian yang rusak dan perlu segera diganti.

Struktur solarkiosk terdiri dari kit dan modul sehingga mudah untuk diangkut ke daerah-daerah terpencil – Solarkiosk

Panel surya yang melapisi atap kios memiliki kemampuan untuk menghasilkan daya yang dapat menghidupkan lampu, mengisi ulang baterai telepon genggam, aki mobil bahkan hingga mesin pendingin. Kios dengan model ukuran terbesar diklaim mampu menyediakan daya bagi menara telekomunikasi. Penggunaan panel surya membuat solarkiosk lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi udara sama sekali. Setiap kios dirancang untuk melayani 200 hingga 5.000 rumah tangga. Dengan hanya menyediakan listrik tenaga surya saja, setiap kios secara tidak langsung berkontibusi membantu setiap rumah tangga untuk menabung hingga 10 $ setiap bulannya. Dengan kemampuan yang dimilikinya, solarkiosk dapat berperan sebagai pusat komunitas setempat untuk saling berinteraksi dan membantu perkembangan ekonomi di daerah tersebut. Dengan teknologi surya yang semakin murah, Solarkiosk MgbH berharap solarkiosk dapat segera diaplikasikan oleh masyarakat luas dan tersebar luas di berbagai daerah terpencil di seluruh dunia.

Uji coba proyek solarkiosk telah berhasil dilakukan di Ethiopia. Kios tersebut resmi dibuka pada 15 Juli lalu dan berlokasi di dekat Danau Langano. Keberadaan kios di daerah tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi warga setempat, terutama di malam hari ketika warga berkumpul dan saling berinteraksi. Solarkiosk direncanakan akan diperluas lagi melalui kerja sama dengan pemerintah negara-negara berkembang. Melihat efisiensi energi dan dampak sosial positif yang dimilikinya, proyek ini cukup menjanjikan dan dapat menjadi salah satu solusi alternatif program pengembangan ekonomi daerah terpencil.

Aktivitas warga di solarkiosk – Solarkiosk

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s