Mobil Biomimetik : Salinan Desain Alam dan Solusi Krisis BBM

Seperti dikutip dari CNN, pada tahun 2008, Marcedes-Benz’s meluncurkan desain baru mobil bionik yang meniru struktur streamline eksoskleton dari Boxfish (Ostracion cubicus).

Mercedes-Benz Boxfish Bionic – WorldNews Inc

Istilah mobil bionik mengacu pada desainnya yang terinspirasi desain alam untuk menghasilkan inovasi baru engineering, suatu studi yang dikenal dengan nama biomimetik.

Dengan pemahaman mengenai prinsip alam, para scientist dan engineer berharap dapat menciptakan suatu teknologi yang ramah lingkungan. Mobil dengan penggunaan energi yang efisien dan minim emisi. Seperti dikutip dari The Idea Connection,  para engineer membuktikan adanya potensi mobil bionik ini untuk menekan konsumsi bahan bakar hingga 20% dan memotong emisi NO hingga 80% .

Struktur mobil yang meniru bentuk ikan boxfish ini memberikan karakter aerodinamis dan dikabarkan mampu menghemat penggunaan bahan bakar hingga 30 km/liter. Bandingkan dengan kisaran rata-rata penggunaan bahan bakar mobil lainnnya, yaitu antara 9-20 km/liter. Desain yang efisien dengan meniru desain alam ini dapat menjadi solusi untuk krisis bahan bakar saat ini.

Meskipun mobil bionik ini belum dapat ditemukan di dealer lokal, Mercedes-Benz telah membangun harapan untuk bentuk desain mobil generasi selanjutnya yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan lingkungan dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s