Bertani Herba dan Sayuran di dalam Rumah dengan Auxano Hydroponic

Auxano hydroponic memiliki desain yang padu dan minimalis yang sesuai dengan kondisi hunian modern – Coroflot

Peningkatan jumlah penduduk yang tidak diimbangi ketersediaan ruang hunian menjadi alasan utama akan pertumbuhan kota secara vertikal. Pembangunan gedung-gedung apartemen baru di berbagai kota besar, termasuk Jakarta, memberikan solusi akan keterbatasan ruang hunian di kota besar. Namun, sayangnya solusi tersebut tidak memungkinkan penghuninya untuk memiliki tanaman hijau sebagaimana jika memiliki hunian dalam bentuk rumah. Selain masalah ruang apartemen yang tidak begitu luas, keberadaan cahaya matahari menjadi masalah tersendiri karena cahaya matahari hanya tersedia di area sekitar jendela dan balkon.

Philip Houiellebecq memanfaatkan kondisi tersebut untuk memenuhi hasrat penghuni kota besar yang ingin memiliki tanaman hijau di dalam apartemennya. Berbeda dengan konsep pot terbalik minimalis buatan Boskke, Sky Planter, Philip mengimprovisasi teknologi hidroponik yang ada saat ini dengan memasukkan unsur desain padu dan minimalis ke dalamnya. Selain berfungsi sebagai penghijau ruangan, Philip ingin menambahkan nilai lebih sehingga produk yang bernama Auxano Hydroponic Vegetable and Herb Grower tersebut didesain efektif untuk menumbuhkan tanaman herba dan sayuran.

Ada dua alasan utama mengapa Philip mendesain Auxano Hydroponic dengan konsep window mounted. Pertama, agar tidak menghabiskan ruang di dalam apartemen sehingga tidak mengurangi kenyamanan bagi penghuninya. Selama ini, teknologi hidroponik cukup sulit untuk diterapkan di ruang kecil seperti apartemen karena mumbutuhkan banyak struktur pendukung yang dapat memakan ruang yang ada. Selain itu bentuk struktur hidroponik umumnya kaku dan tidak menarik sehingga tidak cocok untuk dipasang di dalam ruangan. Kedua, untuk mengoptimalisasi ketersediaan cahaya matahari yang hanya ada di area sekitar jendela. Philip juga ingin memfasilitasi penghuni apartemen yang punya hobi bercocok tanam, terutama yang menanam tanaman herba dan sayuran untuk konsumsi pribadi.

Sistem pompa manual yang inovatif membuat Auxano Hydroponic tidak membutuhkan listrik sama sekali – Coroflot

Seperti pot hidroponik pada umumnya, Auxano memiliki sebuah reservoar yang berisi nutrien pada bagian bawah. Untuk menjaga larutan nutrisi tetap teraerasi, Philip ingin produknya ramah lingkungan sehingga ia menciptakan sebuah sistem pompa manual yang tidak membutuhkan listrik sama sekali. Pemilik cukup menekan pompa karet yang ada di bagian bawah pot beberapa kali dan oksigen akan terpompa ke reservoar nutrien melalui sistem katup satu arah.

Auxano Hydroponic dapat dipasang secara vertikal maupun horizontal. Meskipun ditujukan sebagai window mounted product, penggunaan Auxano Hydroponic tidak terbatas namanya sehingga dapat dirangkai di tempat lain seperti contohnya di balkon. Dengan begitu, produk inovatif ini juga memiliki fungsi tambahan sebagai kebun vertikal dengan nilai artistik yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s