Michael Pollan : Melihat dari Perspektif Tanaman

In Defence of Food karya Michael Pollan – Everydayexperts

Apakah kesadaran manusia terhadap lingkungannya merupakan ujung tombak dari evolusi yang digagas oleh Darwin? Atau apakah kesadaran manusia sebenarnya merupakan salah satu serpih kecil dari jutaan kesadaran yang ada di alam semesta. Bila kita melihat lagi, apakah sesungguhnya kitalah yang mengambil kebijakan dalam berbagai perubahan di muka bumi?

Bisa saja sebenarnya kita dimanipulasi oleh tanaman. Kita telah diundang untuk menanam, merawat, memanen, memakan, membasmi hama-hama di sekitarnya, atau bahkan hal-hal lain yang selama ini kita lakukan untuk jenis tanaman tertentu, termasuk di dalamnya melakukan manipulasi genetika untuk mengembangkan kemampuan adaptasinya.

Michael Pollan, pengarang buku The Omnivore’s Dilemma, menjelaskan bagaimana keberadaan tanaman atau hewan mempengaruhi berbagai aspek hidup manusia tidak hanya dari sisi kesehatan, tetapi hingga sisi ekonomi, politik, dan budaya.

Dalam video ini Michael Pollan membawa kita untuk melihat dari perspektif yang berbeda guna menyelaraskan hidup manusia dengan lingkungannya. Kita diajak memahami pentingnya mempelajari sistem hidup makhluk hidup lain agar dapat ikut serta menjadi salah satu pendukung bergeraknya roda gigi kehidupan di alam semesta, atau pada skala kecil, di muka bumi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s