Eliodomestico : Mendulang Air Tawar dengan Tenaga Matahari

Uap akan terkondensasi dan terkumpul ke penampung di bawah – Fast Company

Eliodomestico adalah sebuah oven tenaga surya sederhana ciptaan desainer Italia, Gabriel Diamanti, yang mampu mengkonversi 5 liter air laut menjadi air tawar setiap harinya. Diamanti menciptakan perangkat ini untuk membantu kebutuhan air di tempat-tempat yang kesulitan untuk mendapatkan air tawar, terutama di kawasan Arab yang bentang alamnya didominasi oleh gurun. Green Prophet melaporkan saat ini 45 juta orang, atau sekitar 10% penduduk di kawasan arab tidak dapat mengakses air dan sanitasi yang bersih. Dengan estimasi penggunaan air sebesar 500 meter kubik per kapita, diperkirakan negara-negara Arab akan mengalami krisis air bersih pada awal tahun 2015.

Eliodomestico terdiri dari dua struktur utama, yaitu ketel berwarna hitam pada bagian atas dan penampung air pada bagian bawah. Ketel tersebut memiliki penutup yang sangat rapat sehingga tidak ada uap hasil evaporasi air laut yang terbuang. Penutup ketel juga berfungsi sebagai kondensator yang mengkonversi uap menjadi air yang akan mengalir melalui pipa metal ke penampung di bawahnya.

Eliodomestico mampu menghasilkan 5 liter air tawar setiap harinya – Fast Company

Diamanti membuat eliodomestico dari bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti tanah liat. Ia berharap desalinator rancangannya ini dapat diadaptasi dengan mudah sehingga orang di belahan dunia manapun dapat membuat sendiri eliodomestico. Eliodomestico tidak membutuhkan listrik ataupun perangkat filter khusus sehingga dapat menjadi solusi murah bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan air tawar, terutama bagi yang tinggal di dekat laut.

One response to “Eliodomestico : Mendulang Air Tawar dengan Tenaga Matahari

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s