“Dirty White Gold” : Mengungkap Sisi Gelap Pertanian Kapas

“When you bag a bargain, who pays fot it?”
-Leah Borromeo

Jurnalis asal Inggris Leah Borromeo berusaha menelusuri asal usul kapas dalam industri pakaian melalui film dokumenter “The Cotton Film: Dirty White Gold“. Di film ini, Borromeo menunjukkan kenyataan pahit industri pakaian yang semakin tidak manusiawi.

Di film ini, Borromeo mengeluarkan sebuah pertanyaan: “When you bag a bargain, who pays for it?” Borromeo menemukan jawaban ini pada para petani kapas di India. Lebih dari 300.000 petani kapas di India bunuh diri akibat terjerat hutang dan tidak mampu menafkahi keluarganya. Umumnya, para petani ini bunuh diri dengan minum pestisida yang digunakan pada lahan pertanian mereka.

Tidak hanya itu, film ini juga akan menelusuri perjalanan kapas pada tingkat pabrik dan manufaktur. Film ini akan mengupas kondisi kerja sampai dampak lingkungan yang timbul dari industri pakaian.

Saat ini, “Dirty White Gold” masih dalam proses pembuatan. Borromeo sedang berusaha menggalang dana dari berbagai sumber, salah satunya melalui crowdfunding. Karena itu, kontribusi sekecil apapun akan menjadi bermakna untuk membantu Borromeo menyelesaikan film dokumenter ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s