Membasmi Polutan Udara Kini Cukup Dengan Jeans

SHEFFIELD – Kini setiap orang bisa berperan nyata dalam upaya membersihkan udara perkotaan dari polutan udara yang selama ini menjadi biang keladi gangguan kesehatan, terutama pernapasan. Kolaborasi antara University of Sheffield dan London College of Fashion melahirkan sebuah inovasi praktis yang dapat mengurangi polutan udara dalam jumlah yang nyata.

CatClo, kependekan dari Catalytic Clothing, adalah sebuah zat aditif cucian yang mengandung titanium dioksida (TiO2), sebuah partikel nano yang dapat mengoksidasi nitrogen oksida (NOx) dengan bantuan cahaya matahari. Proses oksidasi terjadi di dalam kain dan sama sekali tidak berbau dan berwarna. Proses tersebut tidak meninggalkan zat-zat berbahaya karena polutan yang telah teroksidasi akan segera terbuang begitu kain dicuci. Demikian halnya dengan CatClo sendiri, sebagai pembasmi polutan, zat ini tidak berbahaya bagi manusia dan ukurannya yang kecil (nano) tidak mengubah tampilan dari kain yang diberi CatClo.

CatClo : sebuah perpaduan antara sains dan budaya – University of Sheffield

Professor Tony Ryan OBE dari University of Sheffield sebagai salah satu pimpinan proyek menjelaskan, “If thousands of people in a typical town used the additive, the result would be a significant improvement in local air quality. This additive creates the potential for community action to deliver a real environmental benefit that could actually help to cut disease and save lives”

“When Science and Culture work together in this way, it becomes possible to involve the intended end user in the early stages of the development of the technology.” tambah Professor Helen Storey, selaku perwakilan proyek dari London College of Fashion.

Field of Jeans – Gizmag

CatClo diklaim mampu menyerap nitrogen oksida dari udara sebanyak 5 gram setiap harinya, setara dengan jumlah nitrogen oksida hasil pembakaran sebuah mobil keluarga setiap harinya.

CatClo berfungsi dengan sangat baik pada bahan denim. Hal ini yang mendorong tim peneliti untuk mengikutsertakan CatClo dalam bentuk “Field of Jeans” pada Manchester Science Festival yang berlangsung bulan Oktober-November ini. Tujuannya tidak lain untuk mengenalkan dan mempromosikan CatClo ke khalayak umum.

Professor Ryan menambahkan bahwa pihaknya kini sedang menjalin kerjasama dengan beberapa industri manufaktur untuk mengenalkan CatClo ke pasaran. Ia mengestimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk menambahkan CatClo setiap kali mencuci adalah sebesar US$ 0.16.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s