Gross Domestic Product atau Gross National Happines?

Bhutan tidak menggunakan penghasilan sebagai alat ukur kesejahteraan rakyatnya – Sönam Dema

Gross Domestic Product (GDP) merupakan ukuran utama aktivitas perekonomian di suatu negara. Pada prinsipnya, GDP mengukur nilai pasar dari barang dan jasa akhir yang diproduksi oleh sumber daya selama jangka waktu tertentu. GDP lazim digunakan oleh semua negara sebagai alat ukur perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di negara tersebut.

Namun, apakah uang selamanya bisa membeli kebahagiaan? Terdapat banyak asumsi “kebahagiaan tidak akan mungkin dicapai jika dalam kondisi miskin” Asumsi ini lah yang digunakan oleh pemerintah untuk mengukur pertumbuhan ekonomi sebagai indikator kebahagiaan dan kesejahteraan namun melupakan kondisi psikologis masyarakatnya.

Salah satu negara yang tidak menggunakan GDP sebagai alat ukur kesejahteraan masyarakatnya adalah Bhutan. The Telegraph melaporkan bahwa Bhutan sejak tahun 1972 telah menggunakan Gross National Happines sebagai pengganti GDP. Gross National Happines menilai tingkat kesehatan, kesejahteraan psikologis, penggunaan waktu yang berkualitas, pendidikan, keragaman budaya, tata pemerintahan yang baik, vitalitas masyarakat, keragaman ekologi, dan standar hidup. Bhutan menggunakan Gross National Happines karena ada keterbatasan terhadap kepuasan pertumbuhan ekonomi. Contohnya, saat orang-orang sibuk mencari kepuasan materi, mereka umumnya lupa akan kepuasan sosial seperti memiliki hubungan sosial dengan keluarga dan dengan komunitas sekitar. Umumnya di negara-negara dengan GDP tinggi, masyarakatnya bersifat individualis.

The Guardian mengabarkan beberapa negara di Eropa sudah mulai mempertimbangkan Gross National Happines sebagai pengganti GDP untuk mengukur tingkat kesejahteraan negaranya. Bagaimana dengan Indonesia? Mungkin Indonesia harus sudah mulai belajar dari Bhutan tentang Gross National Happines, karena secara ekonomi pengeluaran tiap orang di Bhutan <1.25 dollar dan 70% masyarakatnya hidup tanpa listrik namun tetap dalam keadaan bahagia dan sejahtera – Bloomberg.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s