Air Fuel Synthesis : Mengubah Udara Menjadi Bensin

STOCKTON-ON-TEES — Baru-baru ini, sebuah perusahaan asal Inggris menemukan cara untuk mengkonversi udara menjadi minyak petroleum. Inovasi ini diklaim dapat menjadi solusi untuk krisis energi dan perubahan iklim yang saat ini sedang marak.

Perusahaan yang disebut Air Fuel Synthesis (AFS) ini telah memproduksi lima liter minyak petrol pada unit pengolahannya di Stockton-on-Tees, Inggris. Di tahun 2015, diharapkan unit pengolahan tersebut dapat berkembang menjadi pabrik skala komersil yang dapat memproduksi minyak petrol sebesar satu ton per hari.

Proses pembentukan minyak petrol oleh AFS. – Treehugger

Bagaimana cara AFS dapat mengkonversi udara menjadi minyak petrol? AFS menggunakan sebuah alat yang menangkap karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dari udara. Air yang ditangkap dielektrolisis untuk menghasilkan hidrogen (H2). Hidrogen dan karbon dioksida ini lalu digabung dan dikonversi dalam reaktor menjadi hidrokarbon cair yang dapat digunakan sebagai bensin. Seluruh reaktor ini dijalankan dengan tenaga angin.

We don’t have any of the additives and nasty bits found in conventional petrol, and yet our fuel can be used in existing engines,” kata Peter Harrison, CEO AFS, pada sebuah konferensi di Institution of Mechanical Engineers di London.

Harrison menambahkan bahwa inovasi ini dapat digunakan pada teknologi yang sudah ada. Tidak seperti mobil listrik yang membutuhkan penggarapan total pada mesin mobil konvensional, minyak petrol produksi AFS ini dapat digunakan langsung pada mobil umum yang digerakkan oleh bensin.

Meskipun Harrison mengungkapkan adanya harapan bahwa produksi minyak petrol terbarukan dapat berkembang di 15 tahun mendatang, saat ini belum ada perkiraan biaya untuk proyek yang lebih jauh.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s