extInked : Melindungi Satwa Liar Dengan Tato

MANCHESTER — Di tahun 2009, sebuah organisasi bernama Ultimate Holding Company menginisiasi sebuah gerakan baru di Inggris. Organisasi yang merupakan gabungan seniman-seniman freelance ini bekerjasama dengan berbagai ahli konservasi untuk mengidentifikasi 100 spesies langka dan terancam untuk melakukan gerakan yang disebut extInked.

extInked ini merupakan sebuah pameran yang mempromosikan pentingnya perlindungan satwa langka. Namun pameran ini dilakukan dengan berbeda–100 warga Inggris secara sukarela menjadi duta dari 100 spesies langka dengan membuat tato bergambar sebuah spesies langka.

Tato Penyu dari extInked.extInked

The ambassadors have brought together the art world, the ecology world, the science world and the tattoo world,” ungkap Kate Houlton, project manager di Ultimate Holding Company. “The project has been a creative way to encourage conversation.

Sejak itu, para sukarelawan telah menjadi pembicara di beberapa seminar, mendistribusikan literatur terkait, berpartisipasi dalam penggalangan dana hingga menjadi aktivis di bidang konservasi. Meskipun acara extInked dilakukan dalam skala nasional, namun pengaruhnya mampu menggapai dunia internasional. Houlton menambahkan bahwa beberapa orang dari Kanada, Brazil dan Korea Selatan ikut terlibat extInked karena pengaruh duta.

Pameran ini dilakukan secara tahunan sejak tahun 2009. Di tahun 2012, pameran ini berlangsung dari 15 September s/d 10 November 2012. Pameran dilakukan pada Rugby Art Gallery and Museum di Rugby, Inggris. Pameran ini menampilkan foto-foto dari seluruh sukarelawan dan tatonya serta informasi mengenai spesies yang diwakilkan.

Ke depannya, extInked berharap dapat menggaet organisasi-organisasi dari negara lain untuk berkolaborasi dalam menyampaikan isu ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s