Mandi sambil Cuci Baju? Tak Masalah

Konsep baru dalam menghemat air – Behance

Air bersih kini menjadi barang yang mewah, baik di negara tropis maupun negara empat musim. Penggunaan air bersih, terutama air tanah, yang tidak efisien membuat cadangan yang tersedia tanpa disadari semakin hari semakin menipis. Padahal proses terbentuknya air bersih (tawar) secara alami membutuhkan waktu yang cukup lama. Bila kondisi ini berlangsung terus-menerus, tidak dapat dipungkiri di masa depan nanti akan sangat sulit untuk mencari hanya segelas air.

Salah satu solusi efektif yang dapat dilakukan saat ini adalah menggunakan air secara efisien, sehingga tidak ada air yang terbuang sia-sia. Empat mahasiswa universitas di Turki mencoba mengaplikasikan hal tersebut dalam karyanya yang disebut Washit. Dalam inovasi ini, mereka mencoba menggabungkan konsep shower dan mesin cuci.

Washit dilengkapi filter, pemanas, pompa dan tangki untuk mendaur ulang air dari shower – Behance

Pada prinsipnya, pada saat menggunakan Washit, air yang digunakan untuk mandi kemudian digunakan kembali untuk mencuci baju. Air dari shower tentunya akan difiltrasi terlebih dahulu, memastikan pakaian yang dicuci tidak menjadi lebih kotor dari sebelumnya. Washit menggunakan tiga lapisan filter, yaitu filter karbon, organik dan kimia.

Para perancang berharap Washit dapat menghemat air yang dikonsumsi oleh masyarakat setiap harinya. Perlu diketahui bahwa konsumsi air dapat mencapai 150 liter untuk 15 menit di shower dan 38 liter untuk mencuci baju. Dengan membuat versi publik, mereka berharap Washit dapat diaplikasikan di tempat-tempat umum seperti pusat kebugaran.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s