Mengenal Lebih Dekat Electric Car

Electric car

Electric car – Themhshow

Electric Car merupakan sebuah upaya untuk menurunkan tingkat emisi CO2. Teknologi mengenai electric car sudah dikenal sejak awal tahun 2000-an, namun penggunaan inovasi ini belum umum, berikut review tentang electric car:

1. Electric car = Eco car

Mobil listrik merupakan mobil yang ramah lingkungan. Mobil ini tidak menghasilkan molekul kimia beracun yang dapat menurunkan kualitas udara di perkotaan. Salah bila ada yang mengatakan bahwa electric car tidak menghasilkan emisi sama sekali (zero emmisions) karena mobil ini tetap menghasilkan emisi gas, namun tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan. Selain itu,  CO2 yang dihasilkan dari mobil elektrik ini lebih rendah jumlahnya dibandingkan dengan mobil konvensional. The Carbon Trust mengungkapkan CO2 yang dihasilkan oleh mobil elektrik sekitar 68-84 g/km dan ternyata kadar yang dihasilkan sangat kecil dibandingkan dengan mobil konvensional namun tidak serendah yang para pakar lingkungan inginkan.

2.Murah

Biaya yang dikeluarkan untuk mengisi bahan bakar mobil elektrik terbilang murah (di negara maju). Waktu yang dibutuhkan untuk men-charge listriknya pun cukup sebentar, sekitar 6-8 jam untuk perjalanan selama satu hari.

3. Realistik

Mobil elektrik saat ini dianggap sudah memenuhi standar (UK) dimana dapat digunakan untuk perjalanan sepanjang 60-100 miles jika dikendarai tanpa pemanas atau ac. Penggunaan pemanas dan ac dapat mempengaruhi efektivitas mobil.

Charging - Greencarsite

ChargingGreencarsite

4. Teknologinya terus berkembang

Saat ini sedang dikembangkan jalan tol wireless dimana mobil elektrik dapat mengisi baterai sepanjang perjalanan. Hal ini timbul dari adanya keraguan konsumen untuk membeli mobil elektrik karena diperkirakan dapat berhenti mendadak karena baterai kosong. Dr. Richard Sassoon (Stanford University) saat ini sedang mengembangkan pengisian baterai mobil elektrik di jalan dengan menggunakan magnetic coil yang dipadukan dengan jalan. Metode “magnetic resonance coupling” yang dikembangkan dalam teknologi ini telah berhasil secara efisien mentransmisikan energi sebesar 97% saat menempuh perjalanan sepanjang 2 meter dan diestimasi energi yang ditransfer dapat mencapai 10kW. Menurut Dr. Sasson, dalam beberapa tahun mendatang diharapkan teknologi ini akan dapat diaplikasikan.

Wireless highway (ilustrasi)bbc

Dinegara-negara maju penggunaan mobil elektrik sudah didukung oleh pemerintah. Hal ini diharapkan dapat berkontribusi dalam melindungi lingkungan. Selain itu, teknologi mobil elektrik ini akan terus berkembang dan mungkin dalam beberapa waktu dekat Indonesia dapat beralih dari mobil konvensional menjadi mobil elektrik.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s