“Chasing Ice” : Mendokumentasi Gletser Selama Tiga Tahun

Bulan ini, seluruh bioskop di Amerika Serikat meluncurkan sebuah film dokumenter baru mengenai perubahan iklim, Chasing Ice“. Film yang dielu-elukan sebagai penerus “An Inconvenient Truth” ini disutradarai oleh Jeff Orlowski dan James Balog dari National Geographic. Namun, yang membuat film ini berbeda adalah karena film ini membutuhkan waktu tiga tahun untuk didokumentasikan!

“Chasing Ice” merupakan film yang dibuat untuk membuktikan kebenaran teori pemanasan global. James Balog mencoba membuktikan ini dengan menggunakan teknologi Extreme Ice Survey (EIS), yaitu dengan memasang kamera perekam pada beberapa lokasi di dunia untuk mendokumentasi perubahan bentuk gletser. EIS ini bukan hanya dirancang untuk tahan terhadap kondisi ekstrim, tapi juga untuk merekam gletser selama tiga tahun!

Selain Orlowski dan Balog, pembuatan film ini juga melibatkan beberapa ilmuwan, doktor, hingga aktivis.

Sebelum dirilis di layar lebar bulan ini, “Chasing Ice” telah beberapa kali dimainkan pada beberapa festival film. Pada festival-festival tersebut, film ini juga telah memenangkan beberapa penghargaan, salah satunya Excellence in Cinematography Award: US Documentary di Sundance Film Festival.

Dengan membawakan isu global melalui sinematografi yang memukau, “Chasing Ice” diprediksikan untuk memasuki jajaran nominasi 85th Academy Awards.

Penasaran dengan film dokumenter ini? Tunggu saja waktu tayangnya di bioskop terdekat.

One response to ““Chasing Ice” : Mendokumentasi Gletser Selama Tiga Tahun

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s