Recycling in style and cuteness : daur ulang dalam gaya

REEXP At ARTJOG, Taman Budaya Yogyakarta - Indonesia -Recycle Experience

REEXP At ARTJOG, Taman Budaya Yogyakarta  –  Recycle Experience

Daur ulang adalah proses pengolahan barang bekas menjadi produk baru untuk mengurangi buangan limbah. Dengan melakukan daur ulang manusia dapat mengurangi konsumsi bahan baku alam, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi udara (akibat proses insinerasi) dan pencemaran air (dari proses landfill) dengan mengurangi pembuangan limbah secara konvensional. Dalam batasan yang sempit, daur ulang berarti menggunakan kembali suatu barang untuk menjadi bahan baku produksi barang yang memiliki fungsi sama. Misalnya kertas bekas pakai menjadi kertas baru.   Namun, umumnya hal ini sulit dilakukan atau terlalu mahal untuk dilakukan, dibandingkan dengan memproduksi barang yang sama dari bahan baku alam.

Saat ini recycle memiliki artian yang lebih luas, yaitu memperpanjang usia penggunaan barang dengan membentuk produk baru dari barang tersebut yang tidak lagi harus sama fungsinya. Misalnya dengan menggunakan berbagai bahan baku bekas untuk membuat karya seni yang unik.

Evan Driyanda dan Attina Nurani dengan proyek mereka, Recycle Experience, telah membuat dan merekonstruksi berbagai material yang tidak terpakai atau terlupakan menjadi karya baru yang unik. Berawal dari kecintaan akan pop culture dan toys art movement, mereka berdua memanfaatkan limbah non-organik menjadi berbagai karakter robotik yang menarik.

Terlepas dari fungsinya yang tidak lagi sama dan efektifitas penggunaan barang bekas dalam proses pembuatannya – Proyek ini  telah menunjukkan bahwa dengan memperpanjang usia pakai suatu barang maka mereka dapat mengurangi volume sampah sekaligus menaikkan nilai ekonominya.

Lebih jauh tentang karya mereka dapat diakses di :

http://recycleexperience.blogspot.com/

http://mymannequinplastic.blogspot.com/

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s